CATATAN BEDAH BUKU
STRAWBERRY GENERATION KARYA PROF.
RHEYNALD KASALI
RESEARCH AND DEVELOPMENT (RND)
7 OKTOBER 2020
A. Biografi Penulis[diambil
dari Wikipedia]
Prof. Rhenald Kasali,
Ph.D. (lahir
di Jakarta, 13 Agustus 1960; umur 60 tahun) adalah akademisi dan praktisi bisnis asal Indonesia. Ia juga merupakan
guru besar bidang Ilmu manajemen di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Rhenald Kasali
dikukuhkan sebagai guru besar pada 4 Juli 2009.
Karier dan Kehidupan
Rhenald Kasali adalah dosen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Selain bergerak
sebagai akademisi, pria bergelar Ph. D. dari University of Illinois ini juga produktif menulis. Buku-buku yang ditulisnya
selalu menjadi perhatian kalangan bisnis dan dikoleksi oleh banyak orang dan
hampir semua bukunya menjadi best seller.
Berikut beberapa buku yang telah ditulis Prof. Rhenald Kasali .
·
Sembilan Fenomena
Bisnis - 1997
·
Membidik Pasar
Indonesia: Segmentasi, Targeting dan Positioning, Gramedia
Pustaka Utama (1998)
·
Sembari Minum Kopi
Politiking di Panggung Bisnis, Gramedia Pustaka Utama
·
Sukses Melakukan
Presentasi, Gramedia Pustaka Utama (2001)
·
Change!, Gramedia
Pustaka Utama (2009)
·
Recode Your Change
DNA, Gramedia Pustaka Utama (2007)
·
Mutasi DNA
Powerhouse, Gramedia Pustaka Utama (2008)
·
Wirausaha
Muda Mandiri, Gramedia Pustaka Utama (2010)
·
Myelin: Mobilisasi
intengibles sebagai kekuatan perubahan, Gramedia Pustaka Utama (2010). Buku ini
menjadi rujukan perusahaan-perusahaan besar di Indonesia
·
Cracking Zone,
Gramedia Pustaka Utama (2011)
·
Cracking Value,
Gramedia Pustaka Utama (2012)
·
Camera Branding,
Gramedia Pustaka Utama (2013)
·
Lets Change -
Kepemimpinan, Keberanian, dan Perubahan, Penerbit Buku Kompas (2014)
·
Self Driving, Mizan
Publishing (2014)
·
From One Dollar to
Billion Dollars Company, Penerbit Buku Kompas (2014)
·
Agility: Bukan Singa yang Mengembik, Gramedia Pustaka
Utama (2015)
·
Change Leadership,
Non-finito, Mizan (2015)
·
Reinventing, Mizan
(2016)
·
Curse To Blessing,
Mizan (2016)
·
Baper, Naora Books
(2017)
·
Disruption, Gramedia
Pustaka Utama (2017)
·
Strawberry
Generation, Mizan (2017)
·
Tomorrow Is Today,
Mizan (2017)
·
Self Disruption,
Mizan (2018)
·
The Great Shifting, Gramedia Pustaka
Utama (2018)
·
#MO, Mizan (2019)
Selain mengajar di Universitas Indonesia, ia juga menjadi dosen terbang di Program Magister Manajemen Universitas Sam Ratulangi, Universitas Tanjungpura, Universitas Udayana, dan Universitas Lampung.
Pemikiran
Bagi Rhenald, bisnis adalah perihal membuat
sesuatu menjadi hal yang luar biasa, itulah bisnis. Dalam pengembangkan bisnis,
ia menegaskan bahwa pola pikir kewirausahaan (entrepreneurship) diperlukan, bukannya keberuntungan (luck). Rhenald mengatakan bahwa kewirausahaan
bukanlah ada sendiri, tetap harus diciptakan.
Baginya, keberuntungan sebenarnya adalah ketika
kesempatan bertemu dengan persiapan. Artinya, keberuntungan sendiri tampaknya
mempunyai sifat yang sama dengan kewirausahaan yang pada
dasarnya “diciptakan”. Keberuntungan tidak akan datang dengan sendirinya. Keberuntungan
ada karena ada usaha sebelumnya. Dari sinilah dapat dipahami betapa pentingnya
latihan yang terus menerus dan pantang menyerah oleh mereka yang ingin terjun
dalam dunia bisnis.
Akan tetapi, seorang wirausahawan (entrepreneur) harus melakukan reinvestasi. Baginya, tujuan orang berwirausaha bukan untuk
menjadi kaya, karena kaya
hanyalah akibat. Rhenald menyatakan bahwa seorang wirausahawan yang hanya
menjadikan kekayaan sebagai tujuan utama dalam berwirausaha adalah bentuk
pengkhianatan terhadap kewirausahaan.
Dalam buku terbarunya, Myelin:
Mobilisasi Intengibles sebagai Kekuatan Perubahan (Gramedia Pustaka
Utama, 2010)Rhenald menyatakan bahwa myelin (muscle memory) sebagai faktor penting untuk menjembatani
gagasan yang dihasilkan "brain memory" bisa sampai di tujuan dengan
"mengendarai" myelin yang terlatih. Artinya, tidak ada keraguan atas
kecerdasan sumber daya manusia Indonesia. Sebagai
contoh, sudah banyak anak-anak Indonesia yang memenangi olimpiade fisika atau matematika dunia. Namun, Rhenald menegaskan bahwa
pengetahuan saja tidaklah cukup untuk meraih kesuksesan. Kunci kesuksesan
adalah terus berlatih. Semakin sering berlatih maka jaminan untuk sukses
semakin nyata.
B. Epistemologi Buku
Strawberry Generation
1.
Judul – Why Must Be ?
Penulis
memilih judul Strawberry Generation karenan melihat generasi sekarang seperti
buah strawberry, strawberry itu indah, tapi dia mudah terkoyak lalu hancur. Begitu
halnya dengan generasi sekarang yang lebih mengikuti style kekinian yg
indah tapi tidak bermental baja, mereka tidak mampu menghadapi masalah, mudah
menyerah, dan hancur di pecundangi dunia
2.
Latar Belakang – How Could Be ?
Buku ini
menjelaskan tentang potret atau gambaran tentang generasi sekarang yang serba
enak, serba praktis. Lewat buku ini, penulis berkeinginan untuk bisa
memperbaiki nasib generasi muda Indonesia agar tidak menjadi generasi yang
cantik tapi lembek.
3.
Ide – What Does The Writer Think ?
Ide
penulis dalam buku ini yaitu menggambarkan generasi yang lebih maju dari
sebelumnya yang mana ia memiliki segala hal yang menunjang kehidupannya tetapi
menjadikan jiwa materialistis selain itu penulis menyampaikan ide bagaimana
cara menghadapi tantangan kehidupan bagi generasi yang memiliki mindset rendah.
4.
Metode Penulisan – How does the writer
build ?
Buku
Strawberry Generation ini ditulis dengan metode kualitatif deskriptif dengan
analisis hermeneutis. Metode kualitatif merupakan metode analisis yang berbasis
data yang diambil dari fenomena kehidupan manusia yang alamiah dan menggunakan
teknik penulisan naratif. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan metode
hermeneutis mendalam untuk menginterpretasikan objek kajian. Hermeneutis biasa
dipakai dalam menganalisis teks-teks al-Qur'an, filosofi, dan kesusastraan.
5.
Sumber - Where is the content from ?
Penulis
mendapatkan ide-ide yang dituangkan dalam buku ini bersumber pada dua hal
dasar. Yakni fakta-fakta yang didapat penulis di lingkungan sekitarnya. Dan
juga fakta kebiasaan dari negara lain untuk dibandingkan dengan yang ia temui
di lingkungannya.
6.
Tujuan – What Does The Writer Want ?
Dalam
buku ini, penulis berharap dg buku ini bisa memperbaiki nasib generasi muda di
Indonesia untuk menjadi pribadi yang tidak hanya tampak Indah tapi juga kuat
dan tangguh, karena apa yg telah membudaya bisa dirubah jika kita memiliki
keyakinan yg kuat untuk bisa merubahnya.
7.
Rekomendasi – Whom Are The Recommended
Reader ?
Buku ini sangat
direkomendasikan untuk semua kalangan, mulai dari akademisi hingga ibu rumah
tangga. Khusunya bagi mereka yang ingin menjadi sosok yang lebih tangguh dan
berkarakter kuat.
terimakasih atas informasinya. untuk buku tersebut apakah bisa dibeli secara online?
BalasHapusterimakasih atas informasinya. untuk buku tersebut apakah bisa dibeli secara online? my website
BalasHapus